Manfaat Singkong

Kandungan Singkong

Kandungan Singkong

Daun Singkong:

Kalori 37 dari Lemak 1.80
Total Lemak 0.20g
Lemak Jenuh 0.00g
Kolesterol 0 mg
Sodium 11 mg
Total Karbohidrat 7.30 g
Diet Serat 0.6 g
Protein 3.70 g
Vitamin C
Vitamin B1 (Thiamin)
Vitamin B2 (Riboflavin)
Vitamin B3 (Niasin)
Vitamin B5 (Asam Pantotenat)
Vitamin B6
Kalsium
Zar Besi
Kalium
Fosfor
Magnesium
Seng
Tembaga
Mangan
Umbi Singkong:

Air 122.94 g
Energi 330 kcal
Energi 1374 kj
Protein 2.8 g
Fiber, total dietary 3.7 g
Gula total 3.5 g
Kalsium, Ca 33 mg
Besi, Fe 0.56 mg
Magnesium, Mg 43 mg
Phosphor, P 56 mg
Potassium, K 558 mg
Sodium, Na 29 mg
Seng, Zn 0.7 mg
Mangan, Mn 0.791 mg
Selenium, Se 1.4 mcg
Vitamin C, total ascorbic acid 42.4 mg
Thiamin 0.179 mg
Riboflavin 0.099 mg
Niacin 1.759 mg
Pantothenic acid 0.22 mg
Vitamin B-6 0.181 mg
Folat, total 56 mcg
Kolin, total 48.8 mg
Betaine 0.8 mg
Vitamin B-12 ~ mcg
Vitamin B-12, added ~ mcg
Vitamin A, IU 27 IU
Vitamin A, RAE 2 mcg_RAE
Vitamin E (alpha-tocopherol) 0.39 mg
Vitamin E, added ~ mg
Vitamin K (phylloquinone) 3.9 mcg
Tryptophan 0.039 g
Threonine 0.058 g
Isoleucine 0.056 g
Leucine 0.08 g
Lysine 0.091 g
Harga Singkong: Rp. 5000 – 12.000/kg

Tips Mengolah Singkong

Tips Mengolah Singkong

Merebus daun singkong dan mencapur air rebusannya dengan air kapur sirih atau jahe bisa menjadi ramuan untuk mengihalangkan sakit kepala, gejala rematik, penyakit flue, dan juga menambah pertahanan tubuh kita.

3 lembar daun singkong yang ditumbuk halus bisa mengobati demam dan sakit kepala. Dengan cara menempelkan hasil tumbukan ke kepala seperti dikompres

Merebus daun singkong bersamaan dengan garam dan bawang putih, kemudian makan daun singkong seperti memakan lalapan, dapat menyembuhkan pandangan mata yang kabur.

Jika ingin menambah nafsu makan, rebus daun singkong bersama garam dan bawang putih, kemudian di makan bersama nasi dan saus tomat.
Kulit dari batang singkong jika direbus dengan 3 gelas air hingga hampir asat, lalu diminum menjelang tidur pada malam hari, dapat menyembuhkan cacingan.

Umbi singkong yang diparut lalu diperas airnya dapat menyembuhkan luka panas.
Mengkonsumsi singkong secara monoton tidak dikombinasikan dengan makanan lain dapat mengakibatkan kondisi kronis seperti Neuropati Ataxi Tropis (TAN) dan diabetes mellitus.

Berbagai Manfaat Singkong

Daun Singkong:

Bisa dibuat sayuran dan lalapan yang mengandung banyak serat. Daun singkong juga kaya akan vitamin dan asam amino essensial, dan juga protein nabati. Kandungan klorofil dalam daun singkong juga berguna sebagai anti-kanker serta zat antioksidan. Selain itu, kandungan kalori dalam daun singkong juga sangat rendah sehingga cocok untuk mereka yang sedan menjalani program diet. Daun singkong juga mengandung zat besi yang tinggi, sehingga sangat baik bagi ibu hamil. Karena banyak manfaatnya, daun singkong sering kali dijadikan obat herbal.

Umbi Singkong:

Singkong dapat menurunkan kadar Trigliserida serta menjadi sumber serat yang bagus. Sehingga mengkonsumsi si1ngkong dapat menurunkan resiko stroke, jantung, kanker usus besar, serat mengendalikan diabetes, jika diolah dengan dikukus atau direbus. Selain rendah lemak, singkong juga memiliki kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan kentang dan pisang. Singkong juga merupakan sumber mineral yang penting bagi tubuh, antara lain magnesium, seng, tembaga, dan juga mangan. Selain itu, jumlah kalium pada singkong bermanfaat sebagai komponen penting pembetunkan sel tubuh serta mengatur tekanan darah. Kandungan serta pada singkong tidak larut dalam air, sehingga membantu memperlancar buang air besar, serta dapat menyerap dan membuang toksin dalam usus.

Karena bebas gluten, singkong juga digunakan sebagai makanan khusus untuk pasien celiac dan autisme. Kandungan Vitamin K dalam singkong juga cukup tinggi, sehingga mengkonsumsi singkong dapat mencegah oesteoporosis. Singkong yang ditumbuk dan dihaluskan dengan dicampur air juga bagus jika digunakan sebagai masker kulit.

Kulit Singkong:

Untitled1-3Kulit singkong bermanfaat untuk dijadikan sebagai kompos atau pupuk organic. Selain itu, kulit singkong juga bisa dijadikan sebagai pakan ternak. Kandungan karbohidrat yang tinggi dapat mempermudah petani menghasilkan hewan ternak yang gemuk. Jika diolah lebih lanjut, kulit singkong bisa digunakan sebagai bahan bakar minyak. Hasil olahan kulit singkong yang paling familiar adalah keripik. Namun di daerah Jawa Barat kulit singkong juga diolah menjadi dendeng.

Batang Singkong:

Batang singkong swering digunakan untuk pencangkokan. Selain itu batang singkong yang ditumbuk juga bermanfaat untuk pengobatan luka akibat bendaUntitled1-4 panas. Tips Memilih Singkong Warna kulit singkong yang bagus adalah yang berwarna coklat, kemerahan atau merah marun. Singkong yang bagus adalah singkong yang apabila dipotong masih basah dan sangat mudah retak. Hindari singkong yang sudah berwarna biru atau berkayu pada pangkalnya. Sebaiknya cari singkong yang mulus atau yang tidak terluka kulitnya. Ciri-ciri singkong yang beracun adalah singkong yang kulit luarnya berwarna putih tipis, warna daun singkong hijau sangat tua, dan kadar air dalam singkong tinggi. Singkong yang baik adalah yang ketika kulitnya dikupas, isi singkong berwarna putih bersih tidak berwarna biru. Singkong yang paling enak adalah singkong muda yang umurnya antara 6-9 bulan. Selain empuk, singkong muda ini juga beraroma. Jangan memilih singkong yang sudah lama disimpan dan sudah memiliki garis-garis atau terjadi perubahan warna pada ujung menjadi keabu-abuan.




Last Update : Jun, 25 2017, 12:14 pm

Petani bulan ini

Ibu Tarsiah 42 Tahun, Sukabumi

Menjadi petani singkong  memang sudah  turun temurun dari orang tua Ibu Tarsiah

Namun hal tersebut  tidak mengurangi  rasa cinta dan rasa bangga ibu tarsiah menjadi petani singkong.

Hal tersebut pun ia tanamkan ke anak beliau, Suri  16 Tahun yang saat ini tengah duduk di bangku SMA.

Tanpa kenal  lelah dan malu suri ikut membantu ibunya di kebun setiap pulang sekolah dan hari libur.