Kandungan dan Khasiat Singkong

Cassava atau singkong, menjadi makanan sangat digemari oleh Masyarakat Indonesia. Selain pengolahannya yang mudah dan menghasilkan makanan olahan yang beragam, khasiat dari singkong juga terbukti sangat bermanfaat bagi tubuh. Baik dari daun-nya, umbi-nya, kulit-nya, juga batang-nya. Kandungan yang ada pada singkong berkhasiat bagi tubuh, apa saja itu?

Karbohidrat dalam singkong dapat menjadi sumber energi, menjadi alternative pengganti nasi. Singkong juga tergolong makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Jika sedang menghindari makanan yang berlemak dan berkolesterol, singkong dapat menjadi pilihan tepat penganjal lapar dibandingkan dengan kacang-kacangan dan sereal

Singkong merupakan sumber beberapa VitaminB kompleks yang sangat berguna bagi tubuh, seperti seperti folat , thiamin, piridoksin (vitamin B-6), riboflavin, dan asam pantotenat. Makanan yang mengandung Vitamin B kompleks sangat diperlukan untuk kesehatan tubuh dan baik jika dikonsumsi setiap hari.

Vitamin K dalam singkongberperan membangun masa tulang sehingga dapat menurunkan risiko osteoporosis. Bagi pasien penyakit Alzheimer, vitamin K baik untuk dikonsumsi untuk proses pengobatan, berperan untuk membatasi kerusakan saraf di otak. Daun singkong muda yang lembut merupakan sumber vitamin K, juga kaya protein.

Unsur Mineralyang terkandun dalam singkong, seperti magnesium, tembaga, kalium, zat besi, seng, dan mangan bermanfaat menjaga tekanan darah, menjaga kesehatan tulang, menjaga kesehatan jantung, dll. Kandungan kalium yang cukup dalam singkong (271 mg per 100gr atau 6% dari RDA) merupakan komponen penting dari sel cairan tubuh yang berperan membantu tekanan darah dan mengatur denyut jantung.

Ternyata kandunganProtein dalam singkong lebih kaya dibandingkan dengan ubi, pisang atau kentang. Protein adalah sumber kalori, yang berperan sebagai zat pembangun atau pembentuk serta memperbaiki jaringan tubuh pada janin dan ibu hamil, seperti otot, tulang, mata kulit, jantung dan hati.  Protein juga berfungsi meningkatkan antibodi ibu hamil, membantu pembentukan darah, serta cairan ketuban dan sel-sel janin agar tetap terjaga dengan baik.

Mengkonsumsi makanan berserat tinggi tentu sangat dianjurkan untuk kesehatan, seperti melancarkan pencernaan. Selain dari sayuran hijau, serat pada singkong juga membantu menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol serta melancarkn pencernaan. Sangat baik dikonsums untuk orang yang menderita diare, sembelit, konstipasi atau sedang diet. Sapat pula mencegah resiko obesitas.

Bebas Gluten, seperti umbi-umbi lainnya, Pati singkong yang bebas gluten baik dikonsumsi bagi pasien yang menderita autisme dan celiac.

Supaya dapat merasakan khasiat maksimal dari mengkonsumsi singkong, maka pengolahannya juga perlu diperhatikan. Meskipun tegolong mudah diolah dengan digoreng, direbus dan dibuat berbagai macam makanan, namun jika salah memilih dan dasar mengolah dapat menyebabkan keracunan, mual dan muntah-muntah, sakit kepala, bahkan dapat berujung pada kematian. Hal ini dikarenakan singkong mengandung senyawa beracun alami bernama senyawa glikosinida linamarindan metil linamarin. Tips memilih singkong dapat dilihat disini Jangan memakan Singkong yang …. dan Tips memilih Singkong yang Enak




Last Update : Nov, 19 2017, 13:43 pm

Petani bulan ini

Ibu Tarsiah 42 Tahun, Sukabumi

Menjadi petani singkong  memang sudah  turun temurun dari orang tua Ibu Tarsiah

Namun hal tersebut  tidak mengurangi  rasa cinta dan rasa bangga ibu tarsiah menjadi petani singkong.

Hal tersebut pun ia tanamkan ke anak beliau, Suri  16 Tahun yang saat ini tengah duduk di bangku SMA.

Tanpa kenal  lelah dan malu suri ikut membantu ibunya di kebun setiap pulang sekolah dan hari libur.