Cara praktis membuat Rolade Daun Singkong Enak dan Gurih

Bagi anda yang bukan pengemar berat sayuran, ada cara lain loh yang bisa anda coba untuk mengolah sayuran menjadi makanan yang nikmat, yaitu dengan mengolahnya menjadi Rolade Daun Singkong.

Walaupun memiliki khasiat yang sangat baik bagi tubuh, namun seperti yang kita ketahui bahwa daun singkong memiliki tekstur yang agak kasar dan pahit, sehingga tak jarang juga orang kurang menyukai jenis sayuran ini. Nah, dengan menyulap daun singkong menjadi kreasi Rolade Daun Singkong, dijamin anda akan berubah pikiran terhadap si kasar dan si pahit daun singkong.

Sebelum lebih lanjut, ada baiknya kalau kita mengenal dulu tentang Rolade Daun Singkong. Makanan ini cukup popular di Jawa Tengah, khususnya di kota Semarang. Rolade Daun Singkong sangat mudah ditemui di penjual gorengan pinggir jalan. Anda juga dapat mengkonsumsi-nya sebagai pendamping Soto atau Lotek atau makanan apa saja.

Untuk membuat Rolade Daun SIngkong yang sederhana namun tetap lezat, anda harus menyiapkan daun singkong, tahu, tepung, telur, bumbu dapur (garam, bawang putih, gula dan, vetsin, merica bubuk).

Cara membuat:

Pertama, rebus daun singkong muda, tambahkan sedikit garam, lalu ketika sudah mulai lunak, kemudian tiriskan

Haluskan tahu. Kemudian campur dengan telur. Tambahkan bumbu (garam, bawang putih yang sudah dihaluskan / diuleg, merica bubuk,gula dan sedikit vetsin). Aduk hingga merata.

Sebelum mencampurkan daun singkong ke dalam adonan tahu dan telur, anda dapat mengiris daun singkong terlebih dahulu agar lebih halus. Kemudian Campurkan. Cicipi rasanya, jika kurang asin anda dapat menambahkan garam.

Saat adonan sudah jadi waktunya membentuk adonan menjadi bundar-bundar kecil atau sesuai dengan keinginan ada. Ambil sedikit-sedikit lalu kepal-kepal agar bulat dan padat. Lakukan hingga habis.

Siapkan terigu, tambahkan dengan air, dan bumbu halus (garam, bawang putih yang dihaluskan dan merica)

Masukan daun singkong dan tahu yang sudah dibentuk bulat-bulat padat ke dalam adonan tepung.

Panaskan minyak goreng agak banyak agar deep fry dan hasilnya merata. Celupkan adonan bola-bola singkong berbalut tepung terigu ke dalam minyak goreng. Goreng dengan api sedang.

Angkat dan tiriskan jika sudah bewarna kuning kecoklatan.

Sajikan dan nikmati dengan saus cabai atau cabai rawit.

Mudah sekali kan pembuatan Rolade Daun Singkong-nya. Rasa Gurih membuat lidah anda menari-nari. Anda juga dapat menikmati Rolade Daun Singkong sebagai lauk, dengan nasi hangat. Yummmy!!!

Selamat mencoba.




Last Update : Jun, 25 2017, 12:16 pm

Petani bulan ini

Ibu Tarsiah 42 Tahun, Sukabumi

Menjadi petani singkong  memang sudah  turun temurun dari orang tua Ibu Tarsiah

Namun hal tersebut  tidak mengurangi  rasa cinta dan rasa bangga ibu tarsiah menjadi petani singkong.

Hal tersebut pun ia tanamkan ke anak beliau, Suri  16 Tahun yang saat ini tengah duduk di bangku SMA.

Tanpa kenal  lelah dan malu suri ikut membantu ibunya di kebun setiap pulang sekolah dan hari libur.